Breaking News
Loading...
Selasa, 16 Februari 2016

UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TIPE MIND MAPPING DENGAN MEDIA PRESENTASI PREZI PADA SISWA KELAS X

ADS

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa dalam mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta melalui penerapan Pendekatan Quantum Learning Tipe Mind Mapping dengan Media Presentasi Prezi. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X Akuntansi SMK Murni 2 Surakarta yang berjumlah 21 siswi. Sumber data berasal dari siswa, guru dan mitra kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan Member Check, Triangulasi (data, metode, sumber, instrumen, dan analitik), expert opinion, dan key responden review. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model Kunandar. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan Pendekatan Quantum Learning Tipe Mind Mapping dengan media Presentasi Prezi mampu meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa dari pra survei ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada saat pra survei masih berupa ceramah sehingga persentase partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran hanya 57% saja dengan rata-rata nilai prestasi dalam pelajaran akuntansi pada angka 50. Pada siklus I sudah digunakan Presentasi Prezi yang dikombinasikan dengan tipe pembelajarn Mind Mapping meski masih terdapat beberapa kekurangan, hasil persentase partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran naik 12% dari 57% menjadi 69%, dengan kenaikan rata-rata nilai prestasi belajar Akuntansi siswa dari 50 menjadi 63. Kenaikan signifikan terlihat pada siklus II yang telah menerapkan Mind Mapping dengan media Presentasi Prezi secara optimal sehingga didapat hasil persentase partisipasi belajar sebesar 78%, dan rata-rata nilai prestasi belajar Akuntansi siswa sebesar 75. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Quantum Learning Tipe Mind Mapping melalui penggunaan Media Presentasi Prezi mampu meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar Akuntansi siswa Kelas X Aku

ADS

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2013 Penelitian Tindakan Kelas All Right Reserved